FLP Kids di SD Al-Irsyad Purwokerto

0
4

Anda ingin anak Anda yang masih sekolah dasar pintar menulis? Masukkan saja ke SD Al-Irsyad Purwokerto!

Saran itu tidak berlebihan, dan bukan juga guyonan semata. Tapi memang realitanya berkata demikian. Murid-murid SD Al-Irsyad di Purwokerto rajin dibekali ilmu dan tips untuk bisa menulis atau mengarang oleh guru-guru mereka.  Hingga banyak tulisan ana-anak itu yang mampu menembus media nasional, dan memenangi penghargaan yang bersifat nasional. Bahkan SD Al-Irsyad 02 Purwokerto kini sedang menyiapkan klub jurnalistik bagi para siswanya.

Sebut saja nama Bayu Rizki Ananda (11 tahun), anak kelas V SD Al-Irsyad 02. Ia mampu meraih juara pertama dalam Lomba Menulis Hemat BBM tingkat nasional, versi Majalah Mentari. Anak dari pasangan Ari Suyono dan Eko Sri Rahayu ini juga meraih juara kedua Lomba Menulis Lingkungan Hidup tingkat nasional, yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Untuk semakin menggerakkan antusiasme dan mengasah kepiawaian menulis para murid, SD Al-Irsyad 02 Purwokerto bulan Maret lalu menggelar launching Forum Lingkar Pena (FLP) Kids di sekolah itu. Dalam acara yang diramaikan dengan bazzar, lomba dan talkshow ini hadir pula Afifah Afra Amatullah, koordinator FLP Jawa Tengah.

FLP adalah forum para penulis remaja dan muda Islam, yang anggotanya menyebar dari Aceh sampai Papua, bahkan sudah merambah ke Mesir dan beberapa negara lain. Afifah Afra Amatullah sendiri seorang penulis muda yang cukup produktif, dimana beberapa karya novel dan kumpulan cerpennya sudah diterbitkan oleh sejumlah penerbit nasional.

Launching FLP Kids ini merupakan tanggapan FLP Jawa Tengah atas prestasi menulis murid SD Al-Irsyad 02 Purwokerto. Dalam pembukaan talkshow, Afifah menyatakan kekagumannya pada semangat menulis murid Al-Irsyad.

“Saya menyaksikan di sini banyak anak yang kemampuan menulisnya sudah sampai tingkat nasional, bahkan banyak tulisan SD ini mampu menembus surat kabar nasional pula. Sayang sekali bila prestasi ini tidak difasilitasi lebih jauh,” kata Afifah, seperti dikutip Majalah Adzkia, milik Lajnah Pendidikan Al-Irsyad Purwokerto.

Menimpali itu, Kepala Sekolah SD Al-Irsyad 02 Suhari Umar mengatakan, “Saat ini sekolah sudah menyiapkan klub jurnalistik, namun masih diperlukan ruang yang lebih luas untuk menyalurkan kreatifitas mereka.”

Kegiatan FLP Kids ini direncanakan diadakan setiap minggu dengan pengawasan dari FLP Purwokerto. Selain itu, sekolah juga sudah menyiapkan penerbitan khusus untuk memuat karya-karya murid.

“Sedapat mungkin sekolah memaksimalkan program ini. Trainer kita siapkan langsung dari FLP,” kata Suheri.*